RS AMC

PETUGAS RS AMC TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19

Cileunyi, Beritarancaekek.com—Petugas Rumah Sakit AMC, Cileunyi, Kabupaten Bandung dikabarkan positif terkena Covid-19. Kabar ini datang dari Kepala Bidang Humas dan Pemasaran RS AMC, Engkos Kosasih. Jumlahnya ada sebanyak 19 orang, 5 petugas diantaranya merupakan warga Kabupaten Bandung, 9 petugas berasal dari daerah Garut, sedangkan 5 orang lainnya belum diketahui berasal dari daerah mana. Untuk detil klasifikasi jenis kelamin petugas yang positif pun tidak dijelaskan lebih lanjut.

Rumah Sakit AMC telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Semua petugas yang telah terkonfirmasi positif telah dilakukan penanganan medis dan isolasi di BPSDM Cimahi. BPSDM merupakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang saat Cimahi dialihkan fungsinya menjadi pusat isolasi mandiri Provinsi Jawa Barat mengingat kondisi udara disana bersih dan dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang.

Isolasi telah dilakukan sejak Jumat, 7 agustus 2020, hingga maksimal 14 hari sesuai dengan protokol standar penanganan medis. Dari hasil wawancara dikatakan bahwa 19 petugas tersebut tidak menunjukan gejala apapun terkait Covid-19, di tempat isolasi pun, mereka tampak bahagia dan tak menunjukan keluhan apapun.

Memang saat ini diketahui bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 bisa tak bergejala (bisa disebut juga karier atau pembawa). Menurut WHO, karier Covid-19 pun dapat menularkan virus kepada orang lain. Oleh karena itu, agar memutus mata rantai penularan, penting untuk dilakukan tindakan pencegahan seperti menjaga jarak minimal 1 meter, menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin dengan menggunakan siku, mencuci tangan rutin dan tetap di rumah bila kondisi badan sedang kurang fit. Pada area yang beresiko terjadinya transmisi virus, penting sekali untuk memakai masker.

Sebagai tindak lanjut, pihak RS AMC sedang melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan 19 petugas tersebut, untuk saat ini jumlahnya hingga 49 orang, akan dicoba dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Belum ada kabar selanjutnya mengenai layanan RS AMC apakah akan tetap dibuka, dibatasi atau dihentikan sementara waktu.

(Dirangkum dari beberapa sumber)

#Beritarancaekek #Beritarck #Rancaekek #AMC #Cileunyi #Covid-19

Bagikan postingan via:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *