Wacana Provinsi Sunda dari Asalnya Jawa Barat

Beritarancaekek, Rancaekek Wacana nama Provinsi Sunda atau Tatar Sunda muncul dari diskusi “Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda” di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, pada Senin (12/10).

Menurut Eni Sumarni, anggota DPD Jabar, nama Sunda sudah ada dalam sejarah peta dunia dan mendukung para tokoh Sunda yang ingin mengembalikan nama Sunda ke provinsi. Pasalnya, nama Sunda tidak hanya di tatar Pasundan, dulu juga ada yang namanya Sunda Besar dan Sunda Kecil. Jangan sampai nama ini hilang di dunia Internasional maupun Indonesia sendiri.

Dalam diskusi itu juga, Andri Perkasa Kantaprawira sebagai ketua SC Kongres Sunda berencana untuk menyurati Presiden Joko Widodo terkait pergantian nama ini. Andri mengatakan bahwa sebelumnya kang Adji Esha (ketua perubahan nama) pernah juga menyurati Gubernur Jawa Barat, tapi responnya mau survei dulu.

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad mendukung wacana provinsi sunda ini dan berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Presiden RI pada saat yang tepat. Menurut Fadel aspirasi untuk mengganti nama Jawa Barat dengan Sunda sah-sah saja, karena bercermin pada gagasan Fadli Zon yang dulu sempat juga mengusulkan perubahan nama atas Sumatera Barat menjadi Provinsi Minangkabau.

Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, adapun suku lain seperti Suku Bangsa Cirebon dan Betawi yang cukup banyak berada di beberapa daerahnya.

dirangkum dari artikel cnnindonesia.com

Follow juga media sosial kami yang lain:
Instagram: @beritarancaekek
Facebook: @beritarancaekek.id

Bagikan postingan via:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *